Alumni STM Pembangunan SMG

Printer Epson Stylus C58 di Linux

Posted on: 22 Oktober 2007

Sering sekali penulis mendapati banyak pertanyaan dari para linuxer tentang driver Epson Stylus C58 di Linux yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Saya selaku pribadi juga tidak begitu paham tentang seluk-beluk Linux, hanya saja akhir-akhir ini lagi getol-getolnya ngutak-atik Linux, malah cenderung kecanduan (bahasanya hiperbol bgt ya…😉 ).

Secara kebetulan saya punya usaha rental komputer dan semua memakai sistem operasi Linux dan kebetulan juga printer yang saya punya salah satunya adalah Epson C58. Dari sini semua bermula, pada awalnya saya juga kesulitan mencari driver printer tersebut. Cari  sana-sini, download di Internet juga belum membuahkan hasil. Akhirnya karena kepaksa, akhirnya keahlian saya muntul (biasa trial error 😉 ), semua driver epson yang ada di linux bawaan saya coba, siapa tahu ada yang nyangkut. Sudah beberapa driver saya coba dan hasilnya nihil.

Sudah hampir putus asa (malah sempet kepikiran printernya dibuang aja😉 ) akhirnya tanpa sengaja saya memilih driver epson stylus c 64. Setelah semua proses  instalasi selesai, akhirnya tibalah saat mengetest dan…….. jreeeenggggggg….. printer berjalan dengan sempurna.

Lega sudah perasaan penasaran di hati ini…

Yang penting bagi linuxer , jangan cepat menyerah… terus mencoba dan nikmati perasaan puas setelah berhasil…..

15 Tanggapan to "Printer Epson Stylus C58 di Linux"

bener nih pake c64 bisa jalan. distronya apa… dah dicoba belum dari clear install linux langsung pake driver bawaan linuxnya tanpa ambil driver dari internet tak tunggu infonya….

Penulis sudah mencoba pake linux mandriva 2007, ubuntu 5.04, pclinux OS 2007 dan semua berjalan lancar baik stand alone maupun pakai jaringan. Kebetulan penulis mempunyai rental basis Linux dan semua berjalan lancar. Cukup install linux di atas, tanpa perlu install driver, semua sudah bisa langsung jalan.
Trims…….

kalo Kubuntu Feisty Fawn kira2 bisa ngga y??
trus,driver printer c64 untuk linux apa bisa didapet di website-nya epson?
trims…

setahu saya driver epson c64 tuh dah ada di installasi linux apapun mas, jadi ga perlu download

Mas2 , mbak2…. tolong dong yang punya driver Canon pixma 1200 ato 1600 bisa di send ke ahmad.syaiful.kamal@gmail.com , untuk distro saat ini aku make ubuntu studio dan mandriva.
NB : anak LT angkatan 24

aq coba pakek c50 bisa, tapi…… banyak masalahnya
Coba aq pakek c64, semoga bisa ….tq infonya
MERDEKA….!!!

temen – temen yang suka linux jangan kawatir untuk menggunakan printer – printer yang sekarang ada dipasaran untuk bisa dikai dilinux.
hampir semua printer bisa dipakai dilinux.
cuman harus pinter – pinter memilih drivernya, caranya usahakan cari yang mendekati dengan type printer tersebut jika tidak ada dalam list driver linux.
Saya teknisi listrik di perusahaanku udah pakai linux ( Mandriva 2007 – 2008 )
untuk dapat menggunakan printer dilinux ada beberapa driver yang harus dipakai dan sudah saya coba dan berhasil :
contoh :
1. Epson LQ / LX 300 ( printer dot matrix ber ukuran kecil ) pakai saja driver printer epson 9 pin
2. Printer LQ 17… / 21… ( printer dot matrix ukuran besar ) pakai saja driver printer epson 24 pin
3. epson C 70 pakai driver C 67
4. Epson C 90 pakai driver C 79 / 68
5. Hp type 4000 series pakai type 1 step dibawahnya atau type 3940
semua sudah saya coba dan berhasil.
tapi ada beberapa masalah untuk type Lx / lq 300+ yang pakai usb saran saya jangan pakai conecsi usb pakai saja paralel portnya, usb banyak ngadatnya.
Semoga temen – temen berhasil
God Bless U
CB LT 2 angkatan 99

Wah-wah, untuk mas Carrol salut sekali. Emang di linux sekarang udah sangat manusiawi. Orang2x yg kurang begitu tahu system seperti saya juga enjoy aja. Aku punya rental komputer, semua pake linux dan alhamduililah konsumennya rame-rame sekali. Trimakasih pada Mandriva dan PC Linux atas pengertiannya pada pengguna awam seperti saya.

Mas Mas dan Rekans semua….
Ada yang bisa bantu mengenai Epson Stylue C58…yang sedikit bermasalah….
Saat penggantian Tinta ada yang sempat ke tuker antara kuning dan merah…….
Maklum yang ganti sambil ketawa2 jd nggak konsen.
dan saat ini kalau printer mau di pakai keluar errornya…bahwa tinta tidak sesuai terus, walaupun kondisi sekarang tintanya sudah sesuai….

Maklum krn jurusan mesin jadi rada katrok mengenai perangkat lunak…..

Salam

waduh kalau itu mending diopname ke service centernya aja. paling direset . kalau mau coba – coba cari aja reseter untuk epson c 58 di ineternet pasti ada dan banyak yang gratisan. tapi kalau takut mending diopname saja. paling ngak sampai cepek.

Thank’s Om atas sarannya…..
Karena sekarang sudah bisa di karyakan lagi setelah dibersihkan dengan benar dan tintanya diganti semua………

Satu lagi bagi rekan2 yang punya pengalaman, kalau akan membeli External hardisc yang seperti apa sebaiknya…..
Krn saya ada lap top sudah penuh dan rencana isinya sebagian akan saya pindah ke external hardisc…..

Salam

Thank’s atas informasinya… Epson C58 gw dah bisa dipake ngeprint deh, cuma ada sedikit masalah nih… kok ngeprintnya jadi lambretto gitu yah.. ada solusinya gak yah ??

linux nih ya….
kalau ada yg mo bantu aku melinux kan warnet saya boleh juga tuh, jangan mahal2 jasanya.
kalau mahal mirip windows kali..
bukannya nda makai windows alasan utamanya mahal.
oops hampir lupa, yang ngerti microtic bisa bantu in donk.

bravo linux mania

tuk mas agustinus, kalau mau pakai linux mungkin bisa menggunakan mandriva atau pclinux karena tampilannya yg versi KDE udah mendekati windows. Tak coba di rental saya alhamdulillah ramai dan tidak ada masalah. Microtic, khan banyak tutorialnya atuh kang……
Bravo Opensource

mas, mo tny nh? sy mo install printer epson c 90, sy dh download driver c 79 trus crny gmn? ato d taruh dmn driverny? mksh. distro sy mandriva free 2009.

Tinggalkan Balasan

Terima kasih, telah menjadi pengunjung yang ke-

  • 96,560 pengunjung
Oktober 2007
S S R K J S M
« Agu   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Top Clicks

  • Tak ada

Arsip

Sobat Onliner

people

Peta Pengunjung Hari Ini

Asal Pengunjung

Polling

Apakah anda puas dengan sistem pengajaran di STMP?
1) Sangat Puas
2) Puas
3) Biasa Saja
4) Kecewa
5) Tidak Tahu

View Results