Alumni STM Pembangunan SMG

Guru Tamu

Posted on: 14 Februari 2009

[kamisetembang] Guru Tamu
Jumat, 13 Februari, 2009 14:26
Dari:
“supra cihno” <pracih@yahoo.com>
Tambahkan Pengirim ke Kontak
Kepada:
kamisetembang@yahoogroups.com

Teman-teman alumni yang terhormat, juga mas Gatot G
Saya juga salah satu alumni yang secara kebetulan menjadi guru di kampus SIMLIM. Saya senang kepada teman teman alumni yang sudah sukses dan masih peduli dengan almamater kita. Saya menyambut baik niat panjenengan semua untuk menjadi guru tamu. Namun yang menjadi pertimbangan sekolah untuk mengundang teman teman adalah masalah honor atau transport, terutama bagi teman teman yang berada di luar Semarang. Apakah teman teman saya yang bersedia diundang menjadi guru tamu untuk sharing ilmu kepada adik adiknya tidak keberatan jika diberikan honor/transport yang sesuai dengan kemampuan sekolah? dalam artian mungkin menurut teman teman nilainya sangat kecil dibanding dengan gaji bulanan panjenengan semua. Karena honor/transport saya dan para guru lainnya pun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan primer saja. Jika memang mau menerima kenyataan demikian saya siap untuk memfasilitasi keinginan teman teman alumni semua untuk menjadi guru tamu. Dalam hal ini yang saya butuhkan adalah data NAMA, ALAMAT SURAT, atau NO. HP, MATERI YG AKAN DISAMPAIKAN, WAKTUNYA KAPAN (HARI APA, JAM BERAPA), selanjutnya akan saya komunikasikan kepada teman guru di semua jurusan untuk dibuatkan surat permohonan. Saya dan para Guru di Sekolah sebenarnya justru sangat-sangat mengharapkan adanya guru tamu dari para alumni yang bekerja di industri.
Selama ini gagasan tersebut baru sekedar wacana, mohon jika memang sungguh sungguh, saya dikirimi data yang saya maksud di atas, saya akan respon dengan baik.
Teman teman alumni yang saya hormati,
menanggapi kekawatiran adanya guru yang nyambi ngelesi (contohnya di jakarta), saya sampaikan di kampus SIMLIM tidak ada yang demikian. Hal itu biasanya hanya dilakukan oleh guru matematika, fisika, bahasa inggris, atau yang serumpun. Untuk guru kejuruan, sejauh pengamatan saya belum laku, karena untuk mata pelajaran kejuruan yang diutamakan adalah praktek, dan pasti menggunakan peralatan. Kalau guru yang nyambi ngajar di sekolah lain memang ada, tapi jumlahnya tidak banyak, dan penghasilannya juga masih minim.
Menanggapi tentang penegakan disiplin di sekolah, menurut saya disiplin itu sangat dibutuhkan. Berdasarkan komentar dari para industriawan, disiplin merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam perekrutan. Dan salah satu keunggulan siswa Stembase adalah karena disiplinnya. Memang dengan diterapkannya program HANSEK untuk menegakkan disiplin siswa, ada pihak pihak yang pro dan kontra. Saya pribadi termasuk yang tidak setuju dengan program HANSEK, karena kenyataannya siswa merasa terbeelenggu dan tertekan. Dan dampak dari kegiatan HANSEK tidak pernah dievaluasi, sejauh mana dapat mengubah siswa untuk disiplin.
Kalau menurut saya, disiplin dapat dibentuk dengan cara memberi contoh. Jika semua guru dapat memberi contoh disiplin, maka siswa pun akan mengikuti disiplin. Misalnya guru tidak pernah terlambat, guru tidak meninggalkan kelas saat mengajar, guru pulangnya setelah semua siswa pulang, guru memberi contoh berpakaian yang rapi dan seragam, guru rambutnya pendek dan rapi, guru memperlakukan siswa seperti anaknya sendiri, maka insyaallah siswa pasti akan disiplin dengan kesadaran tinggi. Selama ini siswa hanya dipaksa untuk disiplin, sementara ada beberapa guru yang seenaknya, itu menurut saya tidak adil, siapa yang berani memberi sanksi bagi guru yang datang terlambat? atau bahkan ada guru yang hanya datang di sekolah ketika ada jadwal mengajar saja, jika tidak mengajar, mereka tidak masuk kerja, padahal statusnya sudah PNS. Saya belum melihat ada kepala sekolah yang berani menindak. Itulah yang kadang menimbulkan kecemburuan kepada guru guru yang rajin dan loyal kepada sekolah.Tidak ada penerapan REWARD and PUNISHMENT, guru yang malas dan rajin sama saja, yang lebih gila lagi justru guru yang jarang di sekolah atau yang mengajarnya tidak bagus, malah kenaikan pangkatnya cepat, aneh kan? itulah faktanya, karena Ketua Jurusan atau Kepala Sekolah tidak pernah berani memberikan nilai kurang kepada guru atau pegawai, semua nilai DP3 selalu dibuat bagus dan cenderung menaik setiap tahunnya.

Salam
Supracihno
BG Angk VIII

3 Tanggapan to "Guru Tamu"

kalo tuk mslh hansek,q sbg alumni sgt setuju.karena anak2 jmn skrg,sdh berbeda skali khidupany dgn ank2 dulu krn mungkin t’lalu bnyk t’pngaruh gaya khidupan modern yg hedonis.
jdny pnegakan disiplin hrs dgn pemaksaan yakni slh satu crany dgn hansek.mnurutku hansek sgt mumpuni mbentuk kdsplinan siswa.q g’ bs ngebayangin kalo d stemb tdk ada hansek.pasti siswa2ny akan sgt rendah&bermental ‘tempe’.
krna yg q alami hansek benar2 bs mbentuk disipln&mental yg tangguh utk meghdapi dunia industri yg sgt keras.
kalo mslh guru2 yg g’ disipln,itu harusny ada ksadaran dr guru2 itu sndiri.tp q ykin,kalo guru2ny mantan siswa stemba,pasti loyalitasny sgt tinggi.

Saya lulusan tahun 1996 Bangunan Gedung 2. Setelah saya amati dari adik-adik kelas yang melaksanakan Praktik Kerja di Proyek tempat saya bekerja, mereka sangat berbeda pada hal KEDISIPLINAN. Mungkin karena sistem yang berbeda, tapi sistem pada jaman saya dengan kepala sekolah Bp. R. SOEDARTO sudah memadukan sistem SEMI MILITER dan KEBEBASAN yang bertanggung jawab. Jadi alangkah baiknya sistem sekarang di evaluasi lagi, DISIPLIN dan BEBAS mengikuti mode yang baik tanpa mengurangi mutu lulusan. Adik-adik kelas kelihatan BEBAS dengan pengaruh HEDONISME, semua serba materi, hal itu yang membuat level dan gengsi STM Pembangunan terlihat menurun di mata umum.
Untuk guru yang kurang disiplin memang sudah ada peraturan dari pemerintah sendiri yang memerlukan ketegasan dari Kepalas Sekolah untuk menindaklanjuti hal tersebut.

Kulo nuwun numpang informasi bahwa Official Website Kompetensi / Program Keahlian TEI Teknik Elektronika Industri TEI SMKN 7 Semarang sudah dilaunching, untuk lebih interaktif, silakan juga bergabung di FORUM >>> http://tei.smkn7smg.net/forum

Terima kasih

Admin

Tinggalkan Balasan

Terima kasih, telah menjadi pengunjung yang ke-

  • 96,560 pengunjung
Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Top Clicks

  • Tak ada

Arsip

Sobat Onliner

people

Peta Pengunjung Hari Ini

Asal Pengunjung

Polling

Apakah anda puas dengan sistem pengajaran di STMP?
1) Sangat Puas
2) Puas
3) Biasa Saja
4) Kecewa
5) Tidak Tahu

View Results